Kamis, 21 Maret 2013

Tugas E-Commerce Kelas B



Soal 
1. Jelaskan bagaimana hubungan E-Commerce terhadap supply chain management.
2. Jelaskan bagaimana E-Commerce dapat mengurangi siklus waktu, meningkatkan kinerja karyawan dan memberikan dukungan terhadap fasilitasi pelanggan.
3. Bandingkan antara “marketplaces” dengan “marketspaces”. Apa keunggulan dan keterbatasan masing-masing!
4. Jelaskan lebih lengkap dengan kata-kata Anda sendiri tentang Karakteristik e-commerce:
  • B2B
  • B2C
  • C2C
Batas Waktu: 22 Maret 2013 pukul 12.00.

a. Bagi kelas A yang telah mengerjakan soal no.4 diharapkan untuk dilengkapi lagi. Terima kasih.
b. Jawaban diposting di blog Anda masing-masing, dan dilaporkan kepada Dosen Mata Kuliah untuk diperiksa sebelum batas waktu berakhir.






 Jawab:

1.      E-commerce atau bisa disebut Perdagangan elektronik atau e-dagang adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi atau jaringan komputer lainnya  atau e-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas.
2.      E-Commerce dapat mengurangi siklus waktu karena beberapa tahapan yang ada di dalam supply chain management seperti wholesaler dan retailer dapat dihilangkan. Hal ini tentunya akan mengurangi siklus waktu yang diperlukan untuk melakukan suatu transaksi. E-commerce dapat mengurangi siklus waktu dengan memangkas supply chain, selain itu ia juga dapat memangkas siklus waktu karena penjual dan pembeli tidak perlu bertemu langsung dan transaksi dapat dilakukan saat itu juga walaupun di belahan dunia lain tempat si pembeli atau penjual menunjukkan waktu yang berbeda.
3. Marketplaces
Marketplace adalah tempat bertemunya pembeli dan penjual untuk bertukar barang dan jasa dengan uang atau dengan barang dan jasa lain, secara nyata. Nyata di sini maksudnya adalah tempat atau pasar itu benar-benar ada, dapat dilihat dan dirasakan keberadaannya secara fisik.
Kelebihan:
- Pembeli dan penjual bertemu langsung dan bertransaksi secara langsung.
- Tidak perlu menggunakan alat bantu dalam berhubungan seperti jaringan atau koneksi internet dalam melakukan transaksi.
- Pembeli menerima barang dan penjual menerima uang pembayaran saat itu juga, ketika transaksi sedang berlangsung.
-Mengurangi risiko terjadinya tindak kejahatan baik yang dilakukan pembeli ataupun penjual.
Kelemahan:
- Memakan banyak waktu, biaya dan tempat. Dengan kata lain tidak efisien.
- Tidak fleksibel, karena pembeli dan penjual wajib bertemu di tempat yang disebut sebagai pasar.
Marketspace
Marketspace adalah tempat bertemunya pembeli dan penjual untuk bertukar barang dan jasa dengan uang atau dengan barang dan jasa lain, melalui media elektronik. Media elektronik yang dipakai adalah komputer yang dilengkapi dengan jaringan internet. Dengan demikian pasar dalam arti ini adalah pasar maya, yaitu pasar yang dirasakan ada keberadaannya tetapi tidak dapat dilihat secara kasat mata.
Kelebihan:
- Efisien dan fleksibel karena pembeli dan penjual tidak saling bertemu secara langsung. Atau dengan kata lain penjual dan pembeli dapat bertemu di mana saja, kapan saja.

- Mengurangi biaya perolehan atas suatu informasi yang berharga.
Kele
mahan:
- Risiko terjadinya tindak kejahatan yang dilakukan bai k pembeli maupun penjual sangat tinggi.
=Pengertian B2B
Menurut pendapat saya :
Merupakan sistem komunikasi bisnis antar
pelaku bisnis atau transaksi secara elektronik
antar perusahaan yang dilakukan secara rutin
dan dalam kapasitas produk yang besar.
untuk mendistribusikan informasi yang dimilikinya.


=Pengertian B2C
Merupakan sistem komunikasi bisnis antar pelaku bisnis dengan konsumen untuk memenuhi kebutuhan tertentu pada saat tertentu


Pengertian C2C
Merupakan sistem komunikasi dan transaksi bisnis antar konsumen untuk memenuhi kebutuhan tertentu pada saat tertentu.